Bagaimana Strategi Meningkatkan Peringkat Organik Website

Blog / Bagaimana Strategi Meningkatkan Peringkat Organik Website
Bagaimana Strategi Meningkatkan Peringkat Organik Website

Banyak pemilik usaha atau bahkan pebisnis pemula mulai merambah digital marketing untuk membuat usahanya lebih produktif. Penggunaan website sebagai upaya memasarkan usaha, membuatnya harus bisa muncul di peringkat atas pencarian Google. Ini berkaitan dengan strategi dalam meningkatkan peringkat organik website. 

Sebagaimana kita ketahui, Google juga terus mengotak-atik algoritma dari mesin pencariannya. Itulah mengapa, Anda sebagai pemilik website harus tahu bagaimana cara meningkatkan peringkat organik pencarian. 

3 Cara Jitu Menaikkan Peringkat Organik

Peringkat organik dari sebuah website di mesin telusur akan mempengaruhi visibilitas dan tentunya lalu lintas dari situs tersebut. Itulah mengapa, setiap pemilik website baik yang berfungsi sebagai media promosi, transaksi, ataupun sekadar informasi berupaya melakukan optimasi agar websitenya berada di halaman pertama pencarian Google. 

Di bawah ini, kami berikan beberapa trik atau cara jitu untuk membuat website Anda menempati ranking terbaik di Google organic. 

1. Riset Keyword

Ya, seperti halnya langkah SEO umumnya, riset keyword masih berperan penting di sini. Anda bisa memanfaatkan Google Trends untuk menemukan kata kunci yang tengah populer serta banyak dicari oleh pengunjung. 

Meskipun begitu, sebaiknya pilih kata kunci yang memang relevan dengan konten website Anda sebelumnya. Website dengan konten yang saling berhubungan serta fokus pada satu niche lebih mudah ditemukan Googlebot dan direkomendasikan pada halaman pertama pencarian. 

Gunakan organic keyword di dalam konten untuk memudahkan mesin telusur memahami isi dari konten Anda. In cukup efektif juga untuk meningkatkan peringkat organik website. 

2. Struktur Judul yang Optimal dan Meta Deskripsi

Membuat konten dengan struktur judul yang kuat dan disertai meta deskripsi juga ampuh mendorong website ke peringkat organik terbaik. Struktur judul melalui tag header (H1,H2,H3) akan membingkai konten dengan pas dalam hal pembagian informasi di dalamnya. 

Dengan demikian Google pun akan lebih mudah melakukan crawling ke website tersebut. Ditambah lagi dengan adanya meta deskripsi yang nantinya akan muncul pada hasil pencarian organik, tepatnya di bawah judul. 

Keberadaan meta deskripsi ini adalah sebagai informasi singkat atas konten dari website Anda. Jadi, bisa mendorong pengunjung untuk meng-klik hasil pencarian tersebut. Artinya, meta deskripsi berperan layaknya pratinjau halaman bagi pengunjung. Maka usahakan membuat meta deskripsi semenarik dan sejelas mungkin. 

Dengan begitu, pengunjung dapat memperoleh gambaran tentang kualitas juga manfaat konten meski sekilas. Ini cukup efektif untuk mendorong klik kunjungan mereka. 

3. Mobile Friendly dan Page Speed Baik

Terakhir, pastikan website Anda mobile friendly. Penggunaan ponsel pintar yang terus meningkat, didukung dengan produksi smartphone yang terus melakukan improvisasi guna meningkatkan fungsinya, menuntut halaman website agar mudah diakses lewat smartphone. 

Kemudahan ini akan menjadi user experience yang juga dapat mempengaruhi peringkat organik dari website Anda nantinya. Semakin bagus isi konten dan mudah diakses oleh pengunjung, tentu semakin sering pula konten tersebut dikunjungi bahkan dibagikan. Otomatis, akan lebih mudah naik peringkatnya di mesin pencarian. 

Sebaiknya selain mobile friendly, website Anda juga memiliki kecepatan akses yang baik. Ini juga termasuk dalam user experience yang wajib diperhatikan. Pengunjung tidak akan tertarik untuk kembali atau melanjutkan akses ke website Anda jika loading-nya lambat. 

Dari beberapa cara atau strategi di atas, Anda bisa mencoba salah satu atau bahkan menerapkan semuanya sebagai langkah optimasi website. Dengan mengoptimasi performa website, maka akan lebih mudah menempatkannya di peringkat atas mesin telusur. 

Langkah optimasi atau SEO, harus dipahami dengan baik sebelum diterapkan. Supaya bisa memberi hasil maksimal, Anda bisa meminta tolong pada jasa SEO berpengalaman serta profesional seperti RAJASEO.com. 

Didukung tim ahli, RAJASEO.com siap melakukan optimasi pada website Anda secara mendalam untuk menghasilkan performa maksimal di mesin pencarian. Mulai dari melakukan riset kata kunci agar lebih mudah dipahami dan ditemukan Googlebot, sampai backlink checker. 

Ya, mereka akan membantu Anda menyeleksi backlink berkualitas yang cocok dan efektif untuk ditautkan dengan website Anda agar bisa mendongkrak peringkatnya. Tidak sampai di situ saja, tim dari RAJASEO.com akan melakukan website audit guna memastikan performa situs Anda. 

Berbagai saran akan diberikan agar Anda bisa mengoptimalkan konten atau halaman website, sehingga bisa muncul di halaman pertama Google search, sekaligus meningkat pula lalu lintasnya. Dengan begitu, apa yang menjadi target dari dibuatnya website tersebut bagi bisnis Anda akan lebih mudah tercapai. 

Demikian penjelasan tentang cara atau strategi dalam meningkatkan peringkat organik sebuah website di mesin pencarian Google. Semoga penjelasan di atas cukup jelas dan bisa Anda pahami dengan mudah. Jangan lupa serahkan masalah optimasi ke pakarnya yang terbukti ahli dan terbaik, yaitu RAJASEO.com.

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi