Tips Membuat Web Mobile Friendly untuk Tingkatkan SEO

Blog / Tips Membuat Web Mobile Friendly untuk Tingkatkan SEO
Tips Membuat Web Mobile Friendly untuk Tingkatkan SEO

Di masa sekarang tingkat pengguna smartphone atau perangkat mobile semakin tinggi. Dimana, jika Anda ingin website dan juga konten artikel di dalamnya memiliki lebih banyak pengunjung, maka website Anda harus memiliki versi mobile friendly. Web mobile friendly merupakan website yang didesain agar lebih mudah diakses oleh pengguna pada perangkat mobile seperti smartphone dan juga tablet. 

Membuat Web Mobile Friendly

Web yang ramah perangkat mobile memang didesain lebih responsif dengan ukuran layar perangkat yang digunakan para pengunjung website. Lalu apa saja yang harus dilakukan agar website mobile friendly? 

1. Menggunakan Tema Responsif

Untuk membuat website Anda mobile friendly, maka yang pertama adalah gunakan tema responsif. Tema punya pengaruh besar pada website, mulai dari performa hingga pengalaman berkunjung para pengguna nantinya. Tema yang responsif akan membantu untuk mengurangi waktu loading sehingga kecepatan akses ke website Anda jadi semakin meningkat. Waktu loading bisa lebih cepat dengan tema responsif, karena Google tidak perlu lagi melakukan redirect yang teroptimasi. 

Jenis tema responsif juga memudahkan para pengguna untuk melakukan sharing konten Anda. Tema responsif sendiri memiliki tiga kriteria yaitu menyesuaikan tampilan web secara otomatis, memiliki desain yang simpel dan punya user interface intuitif.

2. Membuat Menu Simpel

Cara kedua untuk membuat web mobile friendly adalah dengan membuat menu pada website Anda jauh lebih simple. Tentu saja ukuran layar komputer ataupun laptop akan berbeda dengan ukuran ponsel. Maka dari itu, menu website harus didesain berbeda dari versi desktop. 

Untuk web yang akan diakses secara mobile, maka tampilan menu yang dimasukkan adalah menu utama saja karena terlalu banyak menu bisa membuat pengunjung bingung saat menjelajah website Anda. Sementara menu lainnya bisa Anda masukkan pada menu navigasi yang bisa disembunyikan. Anda wajib membuat tombol dalam ukuran besar agar memudahkan.

3. Adanya Kolom Pencarian

Kolom pencarian wajib ada untuk Anda yang memiliki website dengan banyak halaman. Biasanya website seperti ini menjual produk ataupun jasa seperti toko online bahkan marketplace. Kolom pencarian sangat bagus untuk memudahkan para pengunjung mencari produk yang memang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil pencarian lebih spesifik. 

4. Pemilihan Jenis Font

Penting juga untuk mempertimbangkan jenis font apa yang cocok pada web mobile friendly. Anda wajib memilih huruf yang tepat karena ruang yang terbatas maka akan berpengaruh pada tampilan keseluruhan website nantinya. Font pada website yang diakses secara mobile bisa berpengaruh pada kesan dan branding website.

Anda tidak perlu menggunakan font yang bersifat dekoratif karena tidak termasuk dalam kategori mobile friendly. Sebaiknya gunakan huruf yang simpel saja seperti tema website.

5. Optimasi Gambar

Ternyata optimasi gambar juga menjadi salah satu tips membuat website lebih mobile friendly. Beberapa pemilik website dan blog sembarangan memasukkan gambar ke website, tanpa memperdulikan format gambar dan ukurannya. Padahal yang seperti ini bisa membuat website memiliki waktu loading lebih lama dan juga membuat disk server lebih boros. 

Sebaiknya Anda harus membuat format gambar yang tepat dengan memilih gambar berformat JPEG atau JPG. Selain itu lakukan kompresi gambar dengan mengurangi kompleksitas warna dan informasi kurang relevan pada gambar. Anda juga wajib memperkecil dimensi gambar sebelum memasukkannya ke website. Bisa juga dengan menambahkan plugin image optimizer untuk mengecek resolusi gambar yang belum optimal. 

Selain itu, penting juga bagi anda untuk menambahkan title text dan alt text. Untuk title text, maka Anda harus menyertakan kata kunci sementara untuk alt text maka harus menambahkan deskripsi tampilan gambar. 

6. Aktifkan Accelerates Mobile Pages

Accelerates Mobile Pages atau AMP merupakan proyek Google yang punya fungsi mempercepat proses loading website dengan data yang dikompres 8 kali lebih kecil dari ukuran halaman situs versi mobile. Mengaktifkan AMP, tentu saja dapat menaikkan kecepatan website 4 kali lebih cepat dan juga lebih ramah pada versi mobile. 

AMP juga dapat meningkatkan visibilitas situs diantara user sehingga website anda lebih mudah muncul dan ditemukan karena saat ini semakin banyak pengguna yang mencari situs dengan simbol AMP agar lebih menghemat waktu saat akses website. 

Itu tadi beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat web mobile friendly untuk meningkatkan SEO website. Untuk Anda ingin mengoptimasi konten partikel dan juga website lebih mudah dan optimal maka bisa menggunakan layanan jasa RajaSEO. RajaSEO memiliki tiga layanan utama yaitu website audit, keyword research dan backlink checker. 

Ketiga layanan tersebut membantu anda untuk analisa kata kunci, analisa website agar mudah ditemukan pada mesin pencari dan juga menganalisa kualitas dan kuantitas backlink agar website lebih mudah bersaing di mesin pencari.  RajaSEO juga menawarkan berbagai paket optimasi SEO yang didasarkan pada kebutuhan dan budget Anda. 

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi