5 Keyword Tools Terbaik untuk Cari Konten Website Berkualitas

Blog / 5 Keyword Tools Terbaik untuk Cari Konten Website Berkualitas
5 Keyword Tools Terbaik untuk Cari Konten Website Berkualitas

Menemukan kata kunci yang tepat sangat dibutuhkan untuk membangun website berkualitas. Salah satunya dengan memanfaatkan keyword tools agar mendapatkan kata kunci potensial sebagai langkah dasar dari SEO.

Tidak jarang tools untuk mencari keyword potensial mengharuskan pada Blogger membayar mahal. Hal ini pastinya sangat memberatkan bagi beberapa pihak seperti UMKM maupun Blogger pemula.

Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan tools gratis asalkan tahu betul bagaimana teknik menemukan kata kunci relevan yang cocok dengan niche website. Pasalnya, kata kunci ini sangat penting untuk meningkatkan SEO serta traffic pada blog website Anda.

Keyword Tools Terbaik untuk Meningkatkan Kualitas Website

Mencari konten website yang berkualitas dan meningkatkan traffic? Anda bisa memanfaatkan beberapa jenis keyword tools berikut ini :

1. Google Search Console

Tools terbaik sejauh ini untuk mencari keyword potensial dalam meningkatkan SEO website adalah Google Search Console. Karena, menggunakan tools satu ini Anda bisa mengecek peringkat website, jumlah penayangan, jumlah klik, dan juga persentase penayangan serta jumlah klik.

Data yang digunakan oleh Google Search Console berasal dari pengguna Google secara langsung. Jadi, informasi yang Anda dapatkan dapat dipastikan valid. Meskipun terdapat kelemahan bahwa tools satu ini tidak menampilkan data mengenai search volume dan juga keyword difficulty-nya.

2. Keywordtool.io

Selanjutnya, tools gratis untuk mencari keyword potensial bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan Keywordtools.io. Melalui tools satu ini Anda bisa menemukan variasi kata kunci dan juga turunannya, loh.

Menggunakan Keywordtool.io, Anda bisa mendapatkan banyak ide kata kunci yang relevan sebagai konten terbaik. Meskipun begitu, setiap tools pasti memiliki kekurangannya masing-masing.

Sama halnya dengan Keywordtool.io, Anda hanya bisa melihat data volume pencarian, tren dan juga tingkat kompetisi keyword apabila menjadi pengguna premium atau berbayar.

Keunggulan dari tools satu ini yaitu menggunakan data dari Google Search. Sehingga, validasi kata kunci yang diberikan sangat akurat. Anda bahkan juga bisa menemukan versi pertanyaan berdasarkan kata kunci yang sudah dicari.

3. Ubersuggest

Blogger pasti sudah tidak asing lagi dengan keyword tools dari Ubersuggest. Pasalnya, tools ini menyajikan beragam fitur menarik untuk riset kata kunci dengan mudah, loh. Apalagi Neil Patel juga memberikan rekomendasi keyword relevan kepada penggunanya.

Keunggulan dari tools satu ini antara lain :

  • Anda bisa mengecek volume pencarian secara detail
  • Terdapat penyajian data Cost Per Click (bagi pemilik Adsense)
  • Tren popularitas keyword
  • Tingkat kompetensi (pengguna berbayar)
  • Rekomendasi judul konten yang berkualitas
  • Tingkat kompetensi organic

Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkannya, Anda bisa mengakses Ubersuggest secara gratis, loh. Namun, tentu saja terdapat pembatasan penggunaan harian yaitu hanya 3x dalam sehari.

Meskipun begitu, penggunaan Ubersuggest tentu sangat membantu Anda dalam mencari keyword potensial dalam memperkuat SEO website.

4. Google Trends

Jika Anda tertarik dengan konten berdasarkan popularitas topik di Google, maka keyword tools yang bisa dimanfaatkan adalah Google Trends. Google Trends akan membantu Anda menemukan keyword relevan berdasarkan konten yang sedang up.

Menggunakan Google Trends, Anda bisa mendapatkan :

  • Volume pencarian keyword
  • Keyword apa saja yang sedang trending di Google
  • Topik relevan dengan kata kunci yang Anda masukkan
  • Area mana saja kata kunci tersebut dicari

Menggunakan Google trends untuk mengikuti berita populer sangat bermanfaat sekali. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk menemukan keyword musiman, loh. Hal ini pasti menguntungkan sekali karena keyword dengan popularitas tinggi bisa Anda dapatkan untuk kebutuhan konten di website.

5. Google Keyword Planner

Berikutnya, keyword tools andalan yang tidak boleh Anda abaikan sebagai bagian dari Google Ads adalah Google Keyword Planner. Pastikan Anda melakukan riset keyword menggunakan tools ini sebelum meluncurkan iklan di Google.

Tools ini memiliki banyak fungsi unggulan terutama bagi pengguna website yang ingin memasang iklan di Google. Karena, keunggulan dari Keyword Planner sendiri mampu menyajikan tingkat kompetensi beriklan, volume pencarian dari kata kunci yang Anda masukkan,serta biaya iklan dengan kata kunci tersebut.

Pada tools ini pun Anda juga bisa memilih dua opsi dari riset keyword yaitu mencari kata kunci baru atau volume pencarian prediksi. Apabila Anda ingin menunjang SEO dengan pemasangan iklan berbayar, maka Keyword Planner adalah pilihan paling tepat.

Nah, itulah beberapa keyword tools yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan riset kata kunci potensial dalam meningkatkan SEO website. Namun, jika Anda tidak memiliki waktu atau kurang begitu mahir dalam mengoperasikan tools pencarian keyword untuk menemukan kata kunci potensial.

Maka, Anda bisa menggunakan jasa dari Rajaseo.com. Tidak hanya membantu analisis kebutuhan website saja, Rajaseo.com akan membantu Anda untuk melakukan research keyword potensial yang dapat menunjang SEO pada website.

Tunggu apalagi, segera lakukan checkout jasa dari Rajaseo.com agar website Anda lebih sehat dan memiliki traffic yang tinggi.

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi