Teknik Black Hat SEO Yang Harus Anda Hindari

Blog / Teknik Black Hat SEO Yang Harus Anda Hindari
Teknik Black Hat SEO Yang Harus Anda Hindari

Istilah black hat dipakai untuk menjelaskan strategi meningkatkan peringkat dan lalu lintas  web yang tidak sesuai dengan pedoman search engine. Anda ingin mesin penelusuran bisa menemukan website Anda, tapi cara yang dipakai adalah dengan memanipulasinya. 

Ragam Jenis Teknik Black Hat Yang Perlu Diabaikan

Search engine atau mesin pencari, seperti Google, mengkategorikan strategi black hat sebagai pelanggaran. Jadi, Anda perlu hati-hati dalam menerapkan strategi SEO, jangan sampai menyalahi aturannya. Pengaruh terburuk adalah performa web menurun dan peringkatnya turun. 

Google selalu memperbarui algoritmanya sehingga hampir semua cara manipulatif bisa ditangani. Kata black hat sendiri mengacu pada tokoh antagonis yang kerap memakai topi berwarna hitam. Berikut adalah beberapa teknik yang tergolong sebagai black hat SEO. 

1. Keyword Stuffing

Web Anda memiliki tema tertentu dengan kata kunci yang bisa dipilih agar pas dengan tema yang dimiliki. Keyword stuffing adalah pemakaian keyword secara berulang dengan harapan untuk meningkatkan visibilitas dan memaksimalkan pengunjung secara organik. 

Pemakaian kata kunci yang berlebihan mempengaruhi kenyamanan membaca artikel. Pernahkan Anda melihat web dengan kata kunci yang berdekatan? Itu termasuk konten yang tidak berkualitas. Anda bisa melakukannya, tapi search engine tidak menyukai dan tidak menyarankan kepada pengunjung yang memakai mesin penelusuran.

2. Teks dan Link Tersembunyi

Pengunjung akan datang dengan sendirinya dan membaca artikel sesuka hati. Kalau Anda membuat teks dan link tersembunyi, bukan hanya membuat pengunjung hilang minat, mesin penelusuran juga tidak menyukainya. 

Anda perlu menghindari menyamakan warna teks, menurunkan kualitas warna atau  memperkecil ukuran huruf agar pengunjung tidak sengaja meng-kliknya. Hal tersebut  bisa dianggap sebagai usaha untuk memanipulasi ranking halaman web, Anda bisa melanggar ketentuan panduan Google. 

3. Spam Komentar

Anda ingin ada interaksi dalam web. Itulah gunanya bagian komentar di akhir tiap artikel. Tapi ada saja orang yang melakukan teknik spam komentar untuk menyebarkan backlink  di kolom komentar situs orang lain. Upaya ini termasuk teknik black hat yang perlu Anda hindari. 

Anda tidak ingin melakukan tehnik ini. Selain itu, Anda juga perlu mengaktifkan filter komentar sehingga web Anda tidak dibanjiri dengan spam komentar yang bisa mengganggu kenyamanan dalam membaca artikel dan berinteraksi dengan pengunjung lain yang benar-benar organik dan berminat dengan isi konten Anda. 

4. Private Blog Networks (PBN)

Backlink adalah teknik paling umum untuk meningkatkan trafik. Anda perlu melakukan analisa branding dan berkolaborasi dengan web atau pihak lain untuk membangun link building yang berkualitas. Hindari membuat web untuk mendukung web lain dengan melakukan Private Blog Networks atau PBN. 

Cara ini terbilang masih umum dipraktekan karena sulit terdeteksi oleh mesin penelusuran. PBN pada intinya adalah kumpulan website dengan otoritas tinggi yang dipakai untuk membangun backlink. Triknya cukup rumit dan memerlukan biaya. 

Para pelaku black hat membeli domain lama atau expired. Kemudian, web tersebut menghidupkannya kembali dan dibuat backlink pada website utama yang ingin dimanipulasi agar rangkingnya tinggi.

5. Cloaking

Ada banyak cara untuk memanipulasi mesin penelusuran. Salah satunya adalah membuat konten A dan B. Teknik yang disebut cloaking dengan dua versi konten yang berbeda pada web. Kalau bot mesin pencari mendatangi web, maka ada konten versi A. Sedangkan untuk user akan diperlihatkan konten versi B.

Pada dasarnya ini adalah teknik yang serupa dengan penanaman keyword yang tidak relevan. Karena web memakai keyword yang tidak ada kaitannya dengan keyword atau konten yang dibuat sesuai dengan niche website. 

6. Spinning

Membuat web memang membutuhkan waktu dan perhatian untuk membuat konten berkualitas. Anda perlu menghindari teknik spinning yang mengambil konten dari web lain. Walau melakukan parafrase atau modifikasi tertentu. Spinning bisa terdeteksi pada banyak cek plagiat yang tersedia bagi berbayar atau gratis. 

Teknik spinning bahkan bisa dilakukan dengan canggih menggunakan software untuk menyalin suatu sumber. Kemudian, melakukan penulisan ulang agar seperti artikel baru atau berbeda. Memang menciptakan konten unik bisa merupakan suatu tantangan. Tapi Anda juga perlu membuat konten yang berkualitas untuk bisa meningkatkan rangking posisi di mesin penelusuran. 

Ada banyak strategi black hat yang pemilik web lakukan baik sengaja maupun tidak sengaja. Anda perlu menghindari tindakan manipulatif agar dapat membangun trafik ke web secara optimal. Anda bisa mulai dengan mencari backlink berkualitas yang bisa menunjang kinerja web. Ada Rajaseo.com yang ahli dalam bidang tersebut. 

Rajaseo.com memiliki beragam backlink berkualitas yang bisa meningkatkan trafik pada web Anda. Platform ini juga melayani konsultasi untuk memastikan backlink adalah strategi terbaik dan dapat membantu web Anda untuk tumbuh.  

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi