Simak Manfaat dan Fungsi SSL untuk SEO

Blog / Simak Manfaat dan Fungsi SSL untuk SEO
Simak Manfaat dan Fungsi SSL untuk SEO

SSL memiliki fungsi utama yaitu untuk menjaga keamanan website Anda dari serangan kejahatan cyber. Mulai dari hacker, phishing, scam dan semacamnya. Selain itu, tentu saja SSL sangat bermanfaat jika Anda gunakan pada website terutama untuk optimasi sewa website. Manfaat dan fungsi SSL bahkan bisa membantu untuk menaikkan ranking website Anda masuk ke urutan atas di mesin pencari Google. 

Manfaat dan Fungsi SSL untuk SEO

SSL punya kemampuan untuk mengamankan data dan informasi yang bersifat sensitif dan juga pribadi. Mulai dari alamat, nomor kartu kredit dan juga informasi penting lainnya terutama bagi Anda pemilik website toko online. Berikut ini yang akan dijelaskan lebih detail apa saja peranan SSL untuk website.

1. Meningkatkan Reputasi Website

SSL pada website tentu dapat meningkatkan reputasi website Anda karena SSL dapat membuat website Anda lebih dipercaya, sehingga para pengunjung tidak akan merasa rasa saat mengunjungi website Anda. SSL seperti diketahui membantu menjaga keamanan website agar tidak diserang Malware yang juga berbahaya bagi para pengunjung website Anda. 

Adapun website dengan sertifikat SSL dan non SSL memiliki perbedaan yaitu protokol yang masih HTTP. Sementara untuk website dengan SSL maka sudah menggunakan HTTPS dengan tambahan huruf S yang berarti secure. GOOGLE sendiri lebih menyukai website dengan protokol HTTPS karena keamanan website terjamin bagi para pengguna.

2. Membantu Optimasi SEO Website

Dari banyaknya faktor yang mempengaruhi seo website maka salah satunya adalah penggunaan SSL. Mengapa demikian? Karena Google lebih menyukai dan tentunya akan mengutamakan website yang sudah menggunakan sertifikat SSL untuk mengatur ranking di halaman pencarian. 

Dengan cara ini, maka website Anda punya peluang tinggi untuk memiliki ranking yang tinggi dan secara otomatis karena ranking tinggi website Anda akan memiliki banyak pengunjung. Semakin tinggi traffic tentu akan meningkatkan peringkat Anda masuk ke halaman pertama. 

3. Perlindungan Informasi

Menjaga keamanan website dengan sertifikat SSL, tentu saja sekalian melindungi informasi personal. Karena setiap pemilik website pasti memasukkan data pribadi ke website untuk transaksi. Hal seperti ini pasti beresiko, di mana bisa saja data Anda dicuri atau dimanipulasi. 

Namun tenang saja jika sudah menggunakan SSL, karena protokol ini bisa menjamin keamanan pengiriman informasi secara online. Terutama bagi anda pemilik website toko online SSL dapat membantu website untuk memenuhi standar industri kartu pembayaran untuk mendapatkan informasi kartu kredit pengguna. SSL menawarkan perlindungan aman bagi para pengunjung untuk memasukkan email hingga password dan data personal lainnya tanpa takut mengalami kebocoran data.

4. Adanya Autentikasi

Manfaat dan fungsi SSL lainnya adalah tersedianya autentikasi. Autentikasi sangat penting bagi para pengunjung website terutama yang hendak melakukan transfer informasi. SSL akan memastikan bahwa informasi atau data ke server yang dikirim sudah sesuai alamat tujuan, bukan ke hacker atau pihak-pihak tidak bertanggung jawab. 

Meskipun sistem keamanan semakin ditingkatkan, tetap saja para penipu yang ingin mencuri informasi semakin banyak inovasinya. Untuk proteksi website tentu saja dengan autentikasi yang dimiliki oleh sertifikat SSL ini.

Cara Kerja SSL

Setelah mengetahui apa saja manfaat dan fungsi SSL, pasti juga penasaran dengan bagaimana cara kerja dari sistem satu ini. SSL layaknya sebuah pintu ruangan yang dilindungi oleh gembok yang terkunci. Dengan gembok tersebut tentu saja tidak boleh sembarangan orang masuk ke ruangan. Kunci gembok ini disebut dengan kunci kriptografi di mana ada dua kombinasi kunci kriptografi yang ada di SSL. 

Yang pertama ada Public Key untuk melakukan enkripsi data yang akan dikirim. Setelah itu data yang diterima oleh SSL dengan Private Key akan dienkripsi kembali ke format semula untuk digunakan penerima. Jadi kedua kunci ini digunakan untuk setiap data yang dikirimkan di website dengan SSL. Sehingga secara otomatis, pertukaran data di internet seperti misalnya mengirim pesan dengan email akan terenkripsi dan juga aman dari hacking. 

Sekarang tentu Anda sudah tahu apa itu manfaat dan fungsi SSL ternyata juga sangat baik diterapkan untuk meningkatkan sewa website. Anda yang juga membutuhkan optimasi SEO website secara efektif, maka bisa mengandalkan RajaSEO.com. Layanan dan jasa SEO ini dapat membantu pemilik website untuk optimasi website untuk mendapatkan pengunjung harian yang tinggi sehingga websitenya masuk ke halaman pertama, pencarian di Google. 

RajaSEO.com memiliki 3 layanan utama yaitu website audit, keyword research dan juga backlink checker. Terdapat juga beberapa pilihan paket optimasi SEO yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan juga budget hanya di RajaSEO.com. Layanan jasa SEO ini memiliki tim ahli yang sudah berpengalaman dalam industri internet marketing. Sehingga siap membantu Anda untuk memperbaiki berbagai kesalahan yang sebelumnya terjadi, yang menyebabkan peringkat website tidak naik di mesin pencari.

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi