Penyebab Kecepatan Website Lambat dan Cara Mengatasinya

Blog / Penyebab Kecepatan Website Lambat dan Cara Mengatasinya
Penyebab Kecepatan Website Lambat dan Cara Mengatasinya

Anda sedang mengalami kendala terkait page speed? Tenang, ini hal yang kerap terjadi dan bisa diatasi. Hanya saja Anda harus tahu apa penyebab dari kecepatan website lambat. Dengan begitu baru bisa mencari solusi tepat. Berikut ulasan mengenai berbagai penyebab loading lambat pada website. 

3 Penyebab Kecepatan Website Lambat 

Page speed atau kecepatan sebuah laman situs untuk diakses berhubungan dengan user experience. Jadi, sebisa mungkin website Anda harus memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengunjung ketika mengaksesnya. Terlebih ini juga memengaruhi kesempatan website masuk indeks Google. 

Maka, apabila kecepatan website lambat harus segera dicari tahu penyebabnya dan mengatasinya. Berikut ini faktor-faktor yang mungkin menjadi penyebab akses website yang lambat. 

1. Tidak menggunakan CDN 

Salah satu cara mempercepat loading website adalah dengan memanfaatkan dukungan CDN (Content Delivery Network). Ini adalah jaringan server global yang telah menyebar ke berbagai negara. Maka jika website Anda menggunakan CDN, permintaan data akan segera dilayani oleh server terdekat, jadi loading lebih cepat. 

Sayangnya masih banyak website yang belum menggunakan CDN. Dengan begitu, ketika user di luar negeri misalnya, mengakses website Anda jadi perlu waktu agak lama karena server yang jauh. 

2. Pemilihan Server Tidak Tepat 

Server menjadi faktor utama yang mempengaruhi cepat lambat dalam mengakses website. Ketika kecepatan website lambat, bisa jadi karena performa yang kurang maksimal dari server yang Anda gunakan. 

Jadi pastikan Anda memilih jenis server yang memiliki performa optimal dalam melayani permintaan data oleh user. Selain itu, pastikan lokasi server Anda mendukung user dari berbagai lokasi. Apabila mayoritas lokasi user di dalam negeri, maka pilih server dengan lokasi di Indonesia juga. 

Lokasi server yang terlalu jauh dari tempat pengunjung mengakses website Anda akan membuat loading menjadi lebih lama. 

3. Kesalahan Konfigurasi

Penyebab ketiga ialah salah dalam melakukan konfigurasi pengaturan pada website. Tujuan konfigurasi sebenarnya untuk optimasi performa website. Namun jika Anda salah melakukannya, maka justru memperlambat akses ke website. Bukan hanya itu, kesalahan tersebut bisa memunculkan pesan error yang mengurangi kepercayaan user. 

Adapun pengaturan yang bisa Anda konfigurasi agar performa website lebih optimal adalah pengelolaan database, fitur update, dan manajemen posting juga tautan. 

Tips Mengatasi Kecepatan Website Lambat 

Setelah mengetahui penyebabnya, kini kita beralih ke cara mengatasi akses website yang lambat. Anda bisa coba beberapa tips berikut.

1. Melakukan Pengecekan 

Pertama, anda bisa lakukan pengecekan pada website. Dalam hal ini ada banyak tools yang siap memudahkan Anda untuk melakukan pengecekan. Salah satu tools gratis yang bisa Anda gunakan ialah web page analyzer. Selain itu masih banyak tools lain yang bisa Anda sesuaikan dengan tujuan pengecekan secara lebih spesifik. Seperti misalnya untuk mengecek performa website di seluler. 

Pastikan untuk melakukan pengecekan dengan beberapa tools berbeda agar hasil lebih akurat. Dengan begitu permasalahan kecepatan akses website lebih cepat pula teratasi. 

2. Optimasi Gambar 

Umumnya konten dalam website dilengkapi gambar. Maka agar tidak membebani website sehingga aksesnya menjadi lambat, Anda harus mengoptimasi gambar di dalamnya. Caranya dengan memastikan format gambar sudah tepat, begitu juga dengan resolusinya. 

Dalam memastikan hal ini, Anda bisa melakukan resize, ataupun kompres. Dengan format serta resolusi yang tepat, gambar dalam konten website tidak hanya menarik tetapi juga tidak memperlambat aksesnya. 

3. Memastikan Performa Server

Sebagaimana sudah dibahas sebelumnya, server berperan penting dalam menentukan page speed. Jadi Anda harus memastikan bahwa jenis server yang digunakan memiliki performa optimal. 

Bukan hanya itu, lokasi server juga harus Anda perhatikan. Apabila website Anda menjangkau atau membidik pengunjung hingga luar negeri, sebaiknya menggunakan dukungan CDN agar bisa diakses dari jarak jauh dengan cepat. 

Itulah penyebab juga cara mengatasi kecepatan website lambat. Anda bisa mencoba menerapkan salah satunya untuk menjaga performa website. Namun jika ingin lebih praktis dan hasilnya dijamin memuaskan, bisa menggunakan jasa RAJASEO.com. 

Perusahaan internet marketing yang fokus pada optimasi website ini memiliki berbagai layanan yang siap menempatkan website Anda di peringkat atas pencarian Google. Didukung tim ahli dan juga berpengalaman di bidang internet marketing, RAJASEO.com akan memberi solusi terbaik bagi optimasi performa website Anda. 

Mereka akan memberikan saran terbaik dan juga efektif untuk meningkatkan peringkat website, sehingga bisa muncul di halaman pertama Google. Mulai dari keyword research, backlink checker, sampai website audit. Dijamin setelah visibilitas website meningkat, traffic website Anda pun akan semakin melesat naik dengan cepat.

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi