Cara Submit Sitemap ke Google Search Console dan Manfaatnya

Blog / Cara Submit Sitemap ke Google Search Console dan Manfaatnya
Cara Submit Sitemap ke Google Search Console dan Manfaatnya

Ketika ingin mengoptimasi performa website ataupun blog, sebelumnya Anda harus pastikan bahwa website atau blog sudah terindeks Google. Salah satu cara yang bisa mempercepat proses indexing adalah dengan submit sitemap. Namun tahukah Anda cara submit sitemap ke Google Search Console? 

Jika Anda masih mengalami kendala untuk hal ini dan belum paham manfaatnya, maka harus menyimak penjelasan singkat yang telah kami rangkum di bawah. 

 

Definisi dan Cara Submit Sitemap ke Google Webmaster atau Search Console 

Sitemap atau peta situs adalah file dengan format XML, bisa juga berupa daftar halaman disertai tautan hirarki yang tersusun berdasarkan topik, atau berupa bagan. Peta situs ini akan menjadi model dari konten yang mengisi web guna membantu pengunjung maupun mesin pencari dalam menavigasi website. 

Itulah mengapa, sitemap blogger ataupun website penting untuk dikirim ke Google Webmaster. Tujuannya adalah memudahkan Google untuk melakukan crawl pada website maupun blog Anda. 

Lalu, apa bedanya Webmaster dan juga Search Console? Sebenarnya sama saja, hanya saja Google Webmaster merupakan versi lawasnya. Sekarang, saatnya Anda untuk menyimak langkah-langkah yang harus dilakukan sebagai cara submit sitemap ke Google. 

  • Masuk ke Google Webmaster atau Search Console
  • Buka menu sitemap atau peta situs 
  • Masukkan path URL sitemap-pages.xml untuk laman yang sifatnya statis. Sementara untuk submit sitemap postingan Anda bisa ketik sitemap.xml?page=x dan x menunjukkan jumlah halaman. Per halaman dibatasi 150 item atau postingan saja. Jadi jika Anda punya 600 halaman harus submit empat sitemap 
  • Lakukan pengaturan robots.txt supaya Googlebot mudah menemukan URL dan melakukan indexing
  • Submit URL tiap Anda selesai mengunggah konten, supaya mesin pencarian Google dapat segera mengindeksnya 

Manfaat Melakukan Submit Sitemap ke Google 

Anda bisa dapatkan banyak manfaat dengan membuat serta melakukan submit peta situs ke Google. Adapun beberapa manfaatnya antara lain adalah: 

1. Mempercepat Proses Pengindeksan

Seperti sudah dibahas di atas, aktivitas submit sitemap akan membantu mempercepat indexing pada website atau blog. Apakah tanpa mengunggah peta situs sebuah website maupun blog tidak akan terindeks? Tetap diindeks tetapi jangka waktunya cukup lama. 

Umumnya tanpa melakukan submit peta situs, website maupun blog baru akan terindeks antara 3-14 hari. Itulah mengapa Anda harus paham cara submit sitemap, karena selain mempercepat indeks, tahapan ini ada di awal saat mendaftar Google Search Console.

Terlebih jika Anda pengguna blog self hosted seperti wordpress, harus paham cara ini karena harus membuat sitemap dan melakukan submit secara manual seperti halnya pada website. Berbeda jika Anda menggunakan blogspot yang sudah menyediakan peta situs.  

2. Meningkatkan Visibilitas

Kedua, dengan mengunggah peta situs ke Google juga bisa meningkatkan visibilitas dari website maupun blog itu sendiri. Ini karena adanya rujukan dari robots.txt yang memudahkan mesin pencari menelusuri atau melakukan crawl ke website. 

Sederhananya, keberadaan website Anda jadi lebih 'dianggap' oleh mesin pencari dan bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian. 

3. Memudahkan User

Keberadaan sitemap atau peta situs yang Anda submit ke Google juga akan memberikan kemudahan bagi user atau pengunjung. Dengan visibilitas yang meningkat, otomatis pengunjung lebih mudah menemukan website Anda. Bukan hanya itu, tetapi juga memudahkan navigasi pada website dan memperoleh informasi yang ada di dalamnya. 

Banyak sekali, bukan manfaat yang bisa Anda dapat dari sitemap yang disubmit ke Google. Itulah mengapa penting untuk Anda bisa memahami cara submit sitemap ke Google. 

Dari penjelasan di atas, bisa kita simpulkan bahwasanya hal yang berhubungan dengan peta situs ini masih berkaitan dengan upaya optimasi website. Tidak hanya berhenti atau fokus pada proses pengindeksan, tetapi juga akan berimbas pada peringkat pencarian, traffic, serta produktivitas website itu sendiri. 

Oleh karenanya, jika masih ragu dan belum sepenuhnya paham dengan penjelasan di atas, Anda bisa meminta bantuan dari ahlinya. Salah satu jasa SEO andal, berpengalaman, serta ahli di bidang SEO maupun digital marketing, yaitu RAJASEO.com. 

RAJASEO.com, tidak hanya akan membantu dan memudahkan Anda dalam melakukan optimasi website di mesin pencarian, tetapi juga siap memberi saran serta solusi menciptakan website berkualitas. Dengan demikian performa website pun akan lebih optimal sesuai tujuan Anda dalam memfungsikan situs tersebut. 

Dengan menggunakan RAJASEO.com, Anda tidak perlu khawatir soal proses indexing maupun peringkat website di mesin pencarian. Tim ahli mereka sudah pasti paham cara submit sitemap, dan akan melakukan riset keyword, backlink checker, juga website audit untuk memastikan hal tersebut berhasil sesuai harapan. 

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi