Apa Itu EAT dalam SEO dan Fungsinya untuk Optimasi

Blog / Apa Itu EAT dalam SEO dan Fungsinya untuk Optimasi
Apa Itu EAT dalam SEO dan Fungsinya untuk Optimasi

Sudah mulai membangun website baru untuk bisnis? Anda harus memahami EAT dalam SEO. EAT sendiri merupakan salah satu hal yang sudah dicantumkan dalam Google’s Search Quality Evaluator Guidelines. Hanya dengan menerapkannya Anda bisa mendapatkan trafik yang diinginkan. 

Bagi Anda yang saat ini sedang belajar SEO tentu saja memahami pengertian EAT ini sangat penting begitu juga dengan fungsinya. Dengan begitu Anda bisa dengan mudah meningkatkan trafik dan menerapkan strategi SEO yang lainnya. 

Pengertian EAT dalam SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang artinya teknik untuk optimasi website. Ada begitu banyak teknik SEO yang sering dijelaskan oleh pakar SEO atau SEO Specialists dari berbagai perusahaan. Salah satu yang familiar tentu saja adalah EAT. 

EAT dalam SEO merupakan singkatan dari Expertise, Authoritativeness dan Trustworthiness . Masing-masing EAT artinya adalah sebagai berikut:

1. Expertise

Berasal dari kata expert yang artinya ahli, expertise mengacu pada orang yang memiliki keahlian dalam bidang tertentu. Keahlian ini tidak semata-mata hanya mengacu pada latar belakang pendidikan tetapi juga pengalaman. Termasuk juga tidak sebatas pada bidang profesi saja tetapi apa yang sudah pernah dilakukan. 

Google lebih merekomendasikan kepada para penggunanya konten-konten yang memang dibuat oleh seorang ahli atau yang sudah berpengalaman. Oleh karena itu ketika Anda membuat konten maka ulasannya harus dibuat oleh ahlinya langsung. Tujuannya agar informasi yang disampaikan lengkap. 

2. Authoritativeness

Apa yang dimaksud dengan authority adalah reputasi dari sebuah website. Berhubungan dengan expert tadi, ketika website dibuat ahli dan memiliki konten lengkap maka reputasinya akan lebih baik. Kredibilitas yang baik akan membuat banyak pengunjung untuk datang mencari informasi yang relevan di website Anda. 

Tidak heran untuk meningkatkan authority ini seringkali website mencantumkan informasi dari penulis. Baik latar belakang penulis dan bio singkatnya akan meningkatkan kepercayaan pembaca. Hal ini akan berhubungan dengan domain authority website yang terus meningkat. 

3. Trustworthiness 

Pengertian EAT dalam SEO yang terakhir yaitu Trustworthiness adalah kepercayaan pengunjung terhadap website tersebut. Penting adanya transparansi serta akurasi dalam konten sehingga pengunjung mengenali siapa yang bertanggung jawab atas kontennya. 

Apabila website dibuat untuk bisnis maka latar belakang atau profil perusahaan perlu dicantumkan. Begitu juga dengan alamat dan nomor hp yang bisa dihubungi untuk membicarakan soal konten lebih lanjut. Kontak ini memudahkan pengunjung untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkannya. 

Fungsi EAT untuk Optimasi Website 

Mengenali EAT dalam SEO ini tentu saja membuat Anda harus bisa menerapkan teknik SEO agar bisa mencapai konten yang EATable. Mengingat ada beberapa fungsi dari EAT yang akan langsung berdampak pada website Anda sebagai berikut:

1. Berfungsi untuk Website dengan Konten YMYL

Ada banyak jenis website dan niche yang berkembang sampai sekarang, namun ada beberapa website yang membutuhkan EAT ini. Khususnya jika Anda memiliki website yang memiliki topik YMYL (Your Money or Your Life). 

Informasi yang dibutuhkan dalam topik YMYL seperti hal yang bisa membuat bahagia, berhubungan dengan kesehatan bahkan finansial. Maka Anda perlu menggunakan tulisan dari seorang ahli atau pakar di dalamnya. 

2. Menjadi Acuan Ketika Menerapkan Teknik SEO 

Meskipun EAT sendiri tidak berpengaruh besar terhadap ranking factor secara langsung, namun berfungsi untuk menjadi acuan dalam menerapkan teknik SEO. EAT dalam SEO akan membuat konten semakin dipercaya dan mudah untuk naik peringkat. 

Pasalnya jika Anda hanya memperhatikan teknik SEO saja tanpa EAT maka konten akan menurun kredibilitasnya. Namun jika Anda membuat konten yang EATable kemudian menerapkan teknik SEO maka website jadi mudah dicari dan konten bisa meningkatkan peringkatnya. 

Bagaimana Cara Menerapkan EAT? 

Anda mungkin bertanya-tanya seperti apa cara untuk menerapkan EAT ini, apakah ada teknik khusus seperti yang ada pada SEO. Sayangnya tidak, Google sekali tidak menjelaskan bagaimana teknik EAT ini bisa membantu peringkat web Anda di mesin pencari. 

Namun ada beberapa cara yang masih bisa Anda terapkan berdasarkan pengalaman banyak SEO specialist sebagai berikut:

1. Memeriksa Fakta 

Anda mungkin bukan seorang ahli namun ingin membuat konten tersebut. Maka memperbanyak riset, wawancara langsung dan mengecek fakta bisa menjadi solusinya. 

2. Terus Memperbarui Konten 

Anda juga perlu meningkatkan kualitas konten dan terus memberinya. Baik itu upload konten baru atau memperbarui konten yang lama. Selama konten selalu fresh maka tidak masalah. 

3. Mendapatkan Banyak Ulasan

Khusus Anda yang memiliki bisnis, konten dengan banyak ulasan juga termasuk EAT dalam SEO. Artinya banyak pengunjung yang percaya dan sudah mengenal konten Anda. 

Selama Anda menerapkan EAT dengan baik maka tidak perlu lagi black hat SEO karena peringkat web akan naik secara alami. Jika ingin lebih berhasil lagi Anda bisa menggunakan layanan Rajaseo.com. Anda bisa lebih mudah untuk melakukan audit website, riset kata kunci sampai cek backlink. 

Rajaseo.com menawarkan paket murah untuk Anda bisa mengakses layanan optimasi SEO yang berkualitas. Jadi Anda tidak perlu lagi riset kata kunci setiap hari atau web audit karena hasilnya bisa langsung dibaca. Pilih paketnya sekarang juga dengan mengunjungi Rajaseo.com. 

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi