Cara Optimasi SEO On Page yang Sukses Tingkatkan Trafik

Blog / Cara Optimasi SEO On Page yang Sukses Tingkatkan Trafik
Cara Optimasi SEO On Page yang Sukses Tingkatkan Trafik

Search Engine Optimization (SEO) menjadi strategi yang banyak dipilih karena murah meriah. Salah satu teknik yang harus diperhatikan adalah optimasi SEO on page. Keuntungan dari SEO ini adalah trafik akan bertahan lebih lama. 

Selama cara optimasi Anda benar maka konten lebih mudah didapatkan oleh pengunjung yang notabene adalah pengguna internet. Anda yang memiliki website untuk keperluan pribadi hingga bisnis harus tahu bagaimana cara optimasinya yang benar. 

7 Cara Optimasi SEO On Page agar Trafik Terus Meningkat 

Pengertian dari SEO on page adalah segala sesuatu yang tampil pada halaman muka website. Mulai dari konten, desain, navigasi dan masih banyak lagi. Artinya Anda harus mengoptimasi faktor-faktor ini agar mesin pencari mudah untuk menemukan website. 

Ada juga  optimasi SEO off page yaitu aktivitas optimasi dari luar seperti memasang backlink, promo di sosmed dan masih banyak lagi. Teknik SEO sebenarnya selalu berubah-ubah mengikuti dengan perkembangan algoritma mesin pencari. Hanya saja ada beberapa optimasi SEO on page dasar yang bisa Anda terapkan sebagai berikut:

Permalink Harus Singkat dan Berisi Kata Kunci 

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah permalink atau URL dari artikel yang akan Anda posting. Permalink yang bagus akan memudahkan mesin pencari mengenali isi dari konten di website. 

Biasanya permalink yang bagus adalah memiliki kata kunci dan dibuat sesingkat mungkin. Misalnya Anda menggunakan long tail keyword maka permalink bisa saja hanya berisi kata kunci tersebut. Anda bisa mengatur permalink ini pada saat posting atau artikel yang sudah di posting dengan mudah. 

Judul Konten Berisi Kata Kunci dan Menarik 

Optimasi SEO on page juga termasuk dalam pembuatan judul artikel. Anda sebaiknya membuat judul dengan kata kunci di bagian depan untuk memudahkan kata kunci mengenalinya. Selain itu kata kunci juga harus menarik, bukan sekedar click bait saja. 

Pastikan hanya dengan membaca judulnya, pengunjung bisa mengenali sekilas apa isi dari konten artikel dan penasaran untuk mengeceknya. Memberikan judul berupa pertanyaan juga bisa jadi trik yang jitu. 

Menerapkan Heading dan Subheading 

Dalam optimasi SEO on page Anda tidak boleh mengabaikan soal penggunaan heading dan subheading. Tujuannya adalah untuk menciptakan artikel yang terstruktur dan mudah untuk dibaca. Bukan hanya pengunjung, penggunaan heading dan subheading juga lagi-lagi untuk memudahkan mesin pencari memahami isi konten. 

Pada subheading Anda sebaiknya menyisipkan kata kunci dan kata kunci turunan namun penggunaannya jangan sampai berlebihan. Anda bisa membuat judul sebagai heading, sedangkan sub judul dibagi menjadi subheading berdasarkan urutannya. 

Memperhatikan Penempatan Kata Kunci 

Cara optimasi SEO website ini cukup krusial karena memudahkan mesin pencari mengenali isi bacaan. Khusus kata kunci awal, Anda harus meletakkannya di 100 kata pertama. Sebutkan kata kunci secara mengalir dalam kalimat dan pilih kata kunci utama. 

Sedangkan kata kunci turunan bisa Anda letakkan menyebar ke dalam satu artikel. Jumlahnya sendiri bisa disesuaikan dengan banyak kata dalam satu artikel. Setidaknya Anda bisa menambahkan minimal 4 hingga 5 kata kunci. Jangan sampai kata kunci ini mengumpul di satu paragraf. 

Buat Meta Deskripsi Menarik dan To the Point 

Selanjutnya adalah adalah meta deskripsi yang jumlahnya 100 sampai 160 karakter. Meta deskripsi ini akan tampil di mesin pencarian tepatnya di bawah judul. Isinya harus bisa menggambarkan lebih lanjut mengenai isi artikel. Mengingat jumlah karakter dibatasi maka Anda harus membuatnya to the point. 

Selain itu buat kata yang juga mengundang rasa penasaran agar mau membaca artikel lebih lanjut. Sebaiknya gunakan kalimat aktif dalam optimasi SEO on page bagian meta deskripsi ini. Jangan lupa untuk menambahkan kata kunci utama di dalamnya. 

Mengoptimasi Gambar 

Gambar dalam artikel lebih baik dibuat sendiri jika Anda mampu membuatnya. Namun, jika tidak cari melalui situs penyedia image yang gratis. Sedangkan Anda yang membuat artikel tutorial akan lebih baik jika gambar dibuat dan disusun sendiri agar mudah terindeks. 

Ada beberapa optimasi pada gambar yang harus Anda lakukan yaitu memilih gambar dengan ukuran kecil untuk mempercepat akses halaman. Gambar harus tetap jelas dan memiliki nama yang mendeskripsikannya. Isi juga alt gambar dengan deskripsi sekaligus kata kunci. 

Internal dan Eksternal Link 

Contoh SEO on page yang bagus adalah selalu menggunakan internal dan eksternal link. Internal link adalah link yang terhubung ke artikel lain dalam web sedangkan eksternal link mengarah ke web lain sebagai rujukan. 

Buat internal dan eksternal link ini tersusun dengan baik, menggunakan kata kunci yang tepat dan tidak berlebihan dalam satu artikel. 

Anda yang sudah melakukan optimasi SEO on page selanjutnya jangan lupa melakukan juga website audit. Apabila merasa kesulitan audit maka bisa menggunakan layanan di Rajaseo.com. Ada banyak pilihan paket SEO yang disediakan tinggal Anda pilih. 

Paket ini sudah meliputi pencarian kata kunci, cek backlink sampai dengan audit website. Jadi Anda tidak perlu melakukannya sendiri lagi. Segera pilih paket yang sesuai dengan mengunjungi Rajaseo.com.

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi