7 Tools untuk Cek Kecepatan Website Terbaik dan Akurat

Blog / 7 Tools untuk Cek Kecepatan Website Terbaik dan Akurat
7 Tools untuk Cek Kecepatan Website Terbaik dan Akurat

Pada teknik SEO on page kecepatan website menjadi bagian yang sangat penting untuk diperhatikan. Anda bisa cek kecepatan website dengan beberapa tools yang saat ini tersedia. Baru setelah itu Anda bisa memperbaiki bagian dari website yang menjadi alasan kecepatannya melambat. 

Tools untuk mengecek kecepatan ini mudah digunakan dan juga gratis sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan lebih banyak uang untuk mengoptimasi. Mengingat ada banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan web dan harus Anda perhatikan. Cek apa saja tools yang bisa Anda gunakan. 

7 Tools yang Digunakan untuk Cek Kecepatan Website

Mengapa website Anda harus memiliki loading cepat? Ada banyak alasannya, mulai dari pengunjung yang tidak sabar sehingga mudah untuk berpindah ke web lainnya. Selain itu kecepatan juga akan mempengaruhi ranking web di mesin pencari. 

Anda yang saat ini masih memiliki web dengan ranking rendah bisa jadi disebabkan kecepatan loading web yang terlalu lambat. Oleh karena itu, segera cek kecepatan website Anda dengan beberapa tools ini. 

Google PageSpeed Insight 

Google juga meluncurkan layanan untuk mengetahui kecepatan website Anda yaitu melalui Google PageSpeed Insight. Menariknya ada dua jenis data yang bisa Anda dapatkan. Pertama adalah data sistem lab yaitu yang berhubungan dengan performa website. 

Data sistem lab ini akan menjelaskan kepada Anda mengenai First Contentful Paint, Speed Index, Time to Interactive, First Meaningful Paint, First CPU Idle. Kedua, Anda akan mengetahui data lapangan yaitu mengetahui data pengalaman pengunjung real time. 

GTmetrix 

Sebagian besar dari Anda mungkin tidak asing lagi dengan GTmetrix. Tools cek kecepatan website ini memiliki tampilan paling sederhana dan sudah menyediakan berbagai fitur lengkap. Ada banyak jenis tes yang bisa Anda dapatkan seperti tes perlambatan dan kecepatan koneksi. Oleh karena itu Anda akan tahu kecepatan melalui koneksi yang berbeda. 

Ada sederet informasi yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan GTmetrix seperti Pagespeed Score, Yslow Score, Fully Load Time, Page Size, Request, Timing sampai dengan video. Anda hanya perlu memasukkan alamat website untuk memulai tes. 

Pingdom 

Tools untuk mengetahui kecepatan website yang sering digunakan oleh perusahaan besar. Alasannya website ini bisa digunakan untuk mengecek kecepatan di beberapa negara sekaligus. Kecepatan akan dinilai dari skala 0 hingga 100 dan nilai tinggi artinya kecepatan web sangat bagus. 

Layanan ini tersedia gratis untuk pengecekan di 5 negara dan berbayar jika Anda ingin mengecek lebih banyak lagi. Beberapa informasi yang diperoleh adalah data Performance Grade, Load Time, Page Size, Request, File Request, dan Improve Page Performance. 

Google Mobile Website Speed Test

Ada juga tools cek kecepatan website dari Google yang datanya juga didukung dari Google PageSpeed. Tools ini bisa Anda gunakan untuk mengecek kecepatan web ketika diakses melalui perangkat mobile, karena saat ini lebih banyak pengguna yang memanfaatkan perangkat tersebut. 

Google website speed test khusus mobile ini juga akan memberikan nilai kecepatan dari skala 0 sampai dengan 100 yang bisa Anda cek. Ditambah lagi ada informasi berupa saran yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan skala tersebut. Artinya web bisa loading lebih cepat. 

WebPageTest 

Bagi Anda yang ingin cek kecepatan website dengan lebih praktis bisa mengakses WebPageTest. Website ini gratis untuk digunakan siapa saja dan bisa memberikan data yang cukup akurat. Tidak hanya mengenali kecepatan web di Indonesia, Anda juga bisa tahu bagaimana kecepatannya di negara lain. 

Ada beberapa layanan tambahan yang didapatkan dari website ini seperti pemblokiran konten, mengubah kecepatan koneksi sampai dengan membandingkan first view dengan repeat view. Berdasarkan fitur ini Anda bisa dengan mudah meningkatkan kecepatan web. 

Chrome DevTools 

Alat untuk cek kecepatan website yang selanjutnya ini ditujukan oleh para pengembang. Anda yang termasuk pengembang website bisa memanfaatkan alat gratis bawaan dari Google yang bisa dijadikan ekstensi. Namun tidak masalah juga jika Anda ingin belajar menggunakannya karena tersedia tutorialnya. 

Bukan hanya menyediakan fitur untuk mengecek kecepatan tetapi juga untuk mengoptimalkannya. Jadi jika ada permasalahan Anda bisa langsung memeprbaikinya melalui tools ini. 

Gift Of Speed 

Alat berupa website yang bisa Anda akses secara gratis. Pilih menu Website Speed Test kemudian masukkan URL atau website Anda. Jangan lupa untuk pilih lokasi juga untuk mengetahui kecepatan di setiap negara. 

Anda bisa dengan mudah meningkatkan kecepatan website setelah mengecek datanya di website ini. Baik dari optimasi CSS hingga broken request test. 

Cek kecepatan website merupakan bagian dari penerapan teknik SEO on page sekaligus web audit. Jadi Anda harus rutin melakukannya, namun jika tidak sempat atau merasa kesulitan Anda bisa menggunakan layanan di Rajaseo.com. 

Rajaseo.com akan membantu Anda melakukan website audit secara keseluruhan. Begitu juga dengan riset kata kunci hingga cek backlink. Melalui layanan Rajaseo.com Anda bisa dengan mudah dan cepat melakukan optimasi. Jangan ragu lagi, segera cek paket layanannya di Rajaseo.com. 

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi